TUGAS MENGANALISIS TEKS DEBAT (1)
Baca
dialog debat berikut ini dengan seksama!
Vera : Berkumpulnya kita di
sini adalah untuk membahas permasalahan UTS matematika yang mana kelas ini
mendapat hasil yang kurang memuaskan. Mengapa hal itu terjadi?
Cathel : Menurut saya, matematika
adalah pelajaran yang rumit dan tidak bisa diselesaikan dengan asal.
Bitha : Saya menyanggah pendapat
anda, menurut saya matematika adalah pelajaran yang sangat mudah dan merupakan
ilmu dengan hasil pasti.
Nurul : Mungkin karena anda
cerdas sehingga dapat berkata seperti itu.
Talitha : Menurut
saya, matematika bukanlah misteri yang sulit dipecahkan jika anda memahaminya
dengan sungguh-sungguh.
Rafie : Diskusi ini diadakan
untuk apa? Matematika bukanlah suatu hal yang sangat berfungsi. Itu hanyalah
sebuah pelajaran teori yang membosankan bukan praktik layaknya olahraga dan
komputer.
Oki : Maaf teman-teman, ini
merupakan sebuah diskusi bukan sarana adu mulut. Kalian berbicara tanpa etika,
terus melaju tanpa permisi. Tolong lebih tertib!
Semua
Anggota : Baik!!!
Alifa : Menurut saya, matematika
adalah sumber dari segala ilmu. Kimia, fisika, bahkan pelajaran memasak
sekalipun membutuhkan perhitungan matematika.
Puti : Tolong, jelaskan
alasannya dengan teoritis!
Vera : Ilmuwan bernama Kline
di tahun 1973 mengemukakan bahwa matematika bukan ilmu pengetahuan menyendiri
yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu
terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan
ekonomi, sosial, dan alam. Jadi Rafie, apa landasan anda mengatakan bahwa
matematika tidak terlalu berguna?
Nurul : Apa ada tujuan yang lebih
sederhana dan tidak teoritis seperti apa yang telah Vera katakan?
Bitha : Tanpa matematika,
komputer tidak akan tercipta karena sesungguhnya kode biner memakai angka nol
(0) dan satu (1).
Talitha : Tanpa
matematika, kita akan berolahraga tanpa hitungan. Bukankah seperti itu, Rafie?
Cathel : Baiklah, sepertinya itu
merupakan penjelasan yang cukup dan dapat dipahami secara mudah.
Alifa : Lalu apa masalahnya
sekarang?
Puti : Masalahnya adalah
mengerti atau tidaknya siswa terhadap rumus matematika yang keluar di UTS
beberapa waktu lalu?
Rafie : Adakan saja pembelajaran
bersama.
Oki : Ide yang bagus.
Bagaimana jika kita adakan pembelajaran bersama sepulang sekolah dengan
memanfaatkan murid-murid kelas kita?
Desy : Memanfaatkan siswa yang
ada? Dengan begitu, urusan matematika dapat dipecahkan, ikatan sosial pun akan
bertambah.
Semua
Anggota : Setuju!!!
- Permasalahan apakah yang mereka perdebatkan?
- Siapa sajakah yang menjadi tim pendukung? Berikan bukti argumennya!
- Siapa sajakah yang menjadi tim penentang? Berikan bukti argumennya!
- Siapakah yang menjadi tim penengah? Berikan bukti argumennya!
- Apakah kesimpulan dari debat tersebut?
- Sebutkan 4 pendapat pro dan 4 pendapat kontra dari debat tersebut!
Pendapat Pro
|
Pendapat
Kontra
|
|
|
Kirim jawaban nya
BalasHapusJawaban nya ga ada kak?
BalasHapusMana jawaban nya kak
BalasHapusJwbn ny mn
BalasHapus