TUGAS MENGANALISIS TEKS DEBAT (1)


Sumber: alghuroba.org



Baca dialog debat berikut ini dengan seksama!
Vera       : Berkumpulnya kita di sini adalah untuk membahas permasalahan UTS matematika yang mana kelas ini mendapat hasil yang kurang memuaskan. Mengapa hal itu terjadi?
Cathel    : Menurut saya, matematika adalah pelajaran yang rumit dan tidak bisa diselesaikan dengan asal.
Bitha      : Saya menyanggah pendapat anda, menurut saya matematika adalah pelajaran yang sangat mudah dan merupakan ilmu dengan hasil pasti.
Nurul     : Mungkin karena anda cerdas sehingga dapat berkata seperti itu.
Talitha   : Menurut saya, matematika bukanlah misteri yang sulit dipecahkan jika anda memahaminya dengan sungguh-sungguh.
Rafie      : Diskusi ini diadakan untuk apa? Matematika bukanlah suatu hal yang sangat berfungsi. Itu hanyalah sebuah pelajaran teori yang membosankan bukan praktik layaknya olahraga dan komputer.
Oki        : Maaf teman-teman, ini merupakan sebuah diskusi bukan sarana adu mulut. Kalian berbicara tanpa etika, terus melaju tanpa permisi. Tolong lebih tertib!
Semua Anggota : Baik!!!
Alifa      : Menurut saya, matematika adalah sumber dari segala ilmu. Kimia, fisika, bahkan pelajaran memasak sekalipun membutuhkan perhitungan matematika.
Puti        : Tolong, jelaskan alasannya dengan teoritis!
Vera       : Ilmuwan bernama Kline di tahun 1973 mengemukakan bahwa matematika bukan ilmu pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan ekonomi, sosial, dan alam. Jadi Rafie, apa landasan anda mengatakan bahwa matematika tidak terlalu berguna?
Nurul     : Apa ada tujuan yang lebih sederhana dan tidak teoritis seperti apa yang telah Vera katakan?
Bitha      : Tanpa matematika, komputer tidak akan tercipta karena sesungguhnya kode biner memakai angka nol (0) dan satu (1).
Talitha   : Tanpa matematika, kita akan berolahraga tanpa hitungan. Bukankah seperti itu, Rafie?
Cathel    : Baiklah, sepertinya itu merupakan penjelasan yang cukup dan dapat dipahami secara mudah.
Alifa      : Lalu apa masalahnya sekarang?
Puti        : Masalahnya adalah mengerti atau tidaknya siswa terhadap rumus matematika yang keluar di UTS beberapa waktu lalu?
Rafie      : Adakan saja pembelajaran bersama.
Oki        : Ide yang bagus. Bagaimana jika kita adakan pembelajaran bersama sepulang sekolah dengan memanfaatkan murid-murid kelas kita?
Desy      : Memanfaatkan siswa yang ada? Dengan begitu, urusan matematika dapat dipecahkan, ikatan sosial pun akan bertambah. 
Semua Anggota : Setuju!!! 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan dialog debat di atas!
  1. Permasalahan apakah yang mereka perdebatkan?
  2. Siapa sajakah yang menjadi tim pendukung? Berikan bukti argumennya!
  3. Siapa sajakah yang menjadi tim penentang? Berikan bukti argumennya!
  4. Siapakah yang menjadi tim penengah? Berikan bukti argumennya!
  5. Apakah kesimpulan dari debat tersebut?
  6. Sebutkan 4 pendapat pro dan 4 pendapat kontra dari debat tersebut!
Pendapat Pro
Pendapat Kontra
  •  .....
  •  .....
  •  .....
  •  .....
  •  .....


  •  .....
  •  .....
  •  .....
  •  .....
  •  .....






 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS MENGANALISIS TEKS DEBAT (2)

Meringkas Teks Hasil Observasi